MITOS Orang Dulu

mitos.mitos.mitos?.hmm....denger kata itu mesti langsung nghubunginnya sama hal-hal yang gaib.
setan.orang dulu.simbah-simbah.unbelieveable.supranatural.dan masih banyak yang laen.

dipost ini aku mau nyebutin beberapa mitos yang berkembang dimasyarakat.
#kematian :
1. Kalo orang meninggal pada hari jumat pasarannya kliwon. maka kuburannya harus dijaga sampe 7 hari. gak boleh ditinggal. soalnya bisa buat pesugihan dengan jenasahnya.
2. kalo ada burung hantu bunyi, konon katanya akan ada orang meninggal.
3. kalo ada suara 'pletak" dikuburan maka bakal ada orang mati.
4. kalo ada suara burung kulik di sekitar rumah orang yang habis meninggal, katanya burung itu nandain kalo tali pocongnya belom dilepas.
5. kalo ngimpiin orang laen ato ngimpi sendiri bakal menikah, orang dulu berkata kalo itu pertanda orang yang diimpiin bakal meninggal.
6. kalo ngimpiin orang yang udah meninggal, itu tandanya orang yang sudah meninggal minta didoain.
7. mobil jenazah, kalo nganter jenazah maka sirine wajib dinyalain. trus habis itu mobilnya dicuci. biar gak dibuntutin.
8. kalo ngantar jenasah kekuburan, maka harus lewat jalannya. dalam artian lewat jalan utama. kenapa?. itu pantangan. orang tua bilang 'ora ilok"

#kelahiran
1. kalo saat orang sedang hamil, maka dia/suami dilarang untuk membunuh/melukai/menganiyaya binatang, katanya kalo melakukannya anaknya bakal cacat.
2. ari-ari anak yang baru lahir harus dipendam di depan rumah, kalo bisa disebelah kanan pintu depan. kenapa harus gitu?. aku juga belom tahu. tapi biasanya kayak gitu.

# cewek dilarang duduk dibawah pintu/depan pintu, katanya bakal ngalang-alangi jodoh.
# setiap bulan suro, maka harus waspada. karena biasanya bakal banyak kejadian yang enggak diinginkan.
# jumat kliwon sama selasa kliwon adalah hari keramat.
# pohon besar, bok, gemblung, nggejlik, rumah kosong, tikungan-tikungan sepi adalah tempat kesukaan setan.
#kalo magrib-magrib, anak-anak harus masuk rumah, soalnya magrib2 adalah waktunya demit-demit beraksi.
#anak kecil gak boleh masuk kuburan, bisa kena sawan ato bakal ada sesuatu yang gaib menempel pada diri si anak.
#udara yang "kekes" dingin-dingin lembab, pokoknya udaranya agak horor, orang dulu bilang itu pertanda akan ada bencana.
#kalo ada awan ngolang-alingi/ melingkari matahari, orang dulu bilang kalo bakal ada bencana.
#kalo ngimpi diantara jam 12-3 malem, itu katanya mimpinya bakal kejadian.

DAN LAEN_LAEN. masih banyak. besok-besok tak tambahin.

oh ya, ada cerita : didepan rumahku itu ada rumah mbah-mbah kakung yang suka sama hal-hal mitos. dia jawa banget. kayak dukun/orang pinter.dia sangat amat percaya hal-hali yang bagi orang mayoritas "spiritual". tapi sekarang ini beliau udah meninggal beberapa waktu yang lalu. tapi anehnya, setelah dia meninggal, suasana disekitarnya tu biasa-biasa aja. kan kalo biasanya ada orang meninggal itu, suasananya ada yang aneh,ada yang hilang, pokoknya beda. lha tapi ini?. setelah dia meninggal suasananya tu biasa aja, kayak nggak ada sesuatu yang hilang. dan belom lama ini, cucunya bilang, kalo istrinya bicara sama mbah itu. hiiiiii hohoh

sekian, matur thakyu.
sourch: gambar dari google.com

8 januari 2012

Comments

  1. whaha...mitos mmg ada2 aja...tp kl mnurut gw, smua hal trsebut trgantung lg pada pemikiran kita sndiri, smakin kita percayai, yaaa bisa2 bener kejadian....mending jgn dijadikan pikiran kita, biar mitos2 yg jelek ga jd kenyataan....hehehe

    ReplyDelete
  2. @rachel setuju. mitos = sugesti. -_____-

    ReplyDelete
  3. setuju dng anda.. semua tu ada yang wujud secara sengaja diadakan dan ada yang tidak disengajakan.

    ReplyDelete
  4. Sebenernya hal2 mitos ini bisa di kaitkan dengan hal nyata dikehidupan kita contohnya : cewek dilarang duduk dibawah pintu/depan pintu, katanya bakal ngalang-alangi jodoh. dipostingan artinya duduk dibawah pintu/depan pintu karena akan menghalangi orang yang akan lewat untuk masuk atau keluar dari pintu...happy blogging

    ReplyDelete
  5. @Rezif :yupp
    @aman : mungkin kalo dinalar emang itu artinya. tap siapa tahu?
    makasih comentnya :)

    ReplyDelete
  6. yaahh,, namanya juga mitos... :)
    tapi kadang2 ada benernya juga lo...

    ReplyDelete
  7. Lha kemaren ntah mitos apa ngga,.. Abis dari nyekar trus pulang k rmh mlmnya anak rewel nangis terus 2 2 nya jam 00 sampai jam 01, esoknya jumat nganterin mlayat ,. Mlmnya anak jg rewel pd jam yg sm,.. Mgkin kbtulan ya ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

soal dan jawaban : Struktur & fungsi sel

Pingin...