Share : Dampak Perang Dunia II


1.      dampak perang dunia II secara global :

1. Dibidang Politik
- banyak negara-negara di Asia Afrika memperoleh kemerdekaan
- meluasnya Komunisme Internasional yang menimbulkan perubahan perimbangan kekuatan dunia
- timbulnya perang dingin antara Amerika Serikat dan Rusia
- politik pecah belah yang dilakukan oleh negara adidaya untuk kepentingan sendiri di negara lain.





2. Dibidang Ekonomi
- perekonomian dunia mengalami kekacauan
- Amerika serikat memberikan bantuan ekonomi melalui berbagai program antara lain :
* Truman Doctrin, bantuan ekonomi kepada Turki dan Yunani.
* Point Four Truman, bantuan ekonomi dan militer (Mutual Security Act) kepada negara-negara terbelakang, termasuk Jerman dan Jepang yang kalah perang.
* Marshall Plan, bantuan ekonomi, keuangan, dan militer kepada negara-negara Eropa yang hancur akibat perang.

3. Dibidang Sosial
- Golongan cerdik pandai semakin kuat kedudukannya, karena tanpa penemuan mereka peperangan tidak dapat dimenangkan. Usaha mengadakan dan meningkatkan penelitian untuk kepentingan manusia terusdilakukan.
- Terbentuknya berbagai badan-badan rehabilitasi sosial untuk :
* menyediakan bahan makanan, perumahan dan kesehatanbagi korban perang
* mengurus para pengungsi
* upaya pengolahan kembali tanah-tanah pertanian yang rusak dan terbengkelai.
- Terbentuknya United Nations Organizatian yang bertujuan menciptakan perdamaian dunia.



4.  Akibat di Bidang Pertahanan  dan Keamanan
Dalam bidang pertahanan dan keamanan muncul beberapa bentuk kerja sama antarnegara berupa:
•          NATO, yaitu pakta pertahanan di Atilantik Utara
•          Pakta Warsawa, yaitu pakta pertahanan Negara di Eropa Timur
•          SEATO, yaitu pakta pertahanan di Asia Tenggara
•          CENTO, yaitu pakta pertahanan di Timur Tengah
•          METO, yaitu pakta pertahanan di Asia Barat
•          Anzus, yaitu pakta pertahanan Australia, Amerika Serikat, dan Selandia baru



2.       Yang Terjadi pada bangsa-bangsa Asia Afrika pasca Perang Dunia II:

1. Kesempatan Merdeka untuk Negara-negara terjajah.
Langsung atau tidak langsung, perang dunia II memberikan kesempatan kepada-negara terjajah untuk merdeka,terutama di kawasan Asia termasuk Indonesia, India, Pakistan , Sri Lanka Filipina dan banyak lagi di kawasan Afrika. (khusus untuk Indonesia momen Perang Dunia II benar-benar bisa di manfaatkan oleh para pendahulu kita untuk Merdeka).

2. Terbentuknya KAA
Setelah PD II banyak negara di Asia dan Afrika yang berhasil mencapai kemerdekaan, di antaranya adalah India, Indonesia, Filipina, Pakistan, Burma (Myanmar), Sri Lanka, Vietnam, dan Libia. Sementara itu, masih banyak pula negara yang berada di kawasan Asia dan Afrika belum dapat mencapai kemerdekaan. Bangsa-bangsa di Asia dan Afrika yang telah merdeka tidak melupakan masa lampaunya. Mereka tetap merasa senasib dan sependeritaan. Lebih-lebih apabila mengingat masih banyak negara di Asia dan Afrika yang belum merdeka. Rasa setia kawan itu dicetuskan dalam Konferensi Asia Afrika. Sebagai cetusan rasa setia kawan dan sebagai usaha untuk menjaga perdamaian dunia, pelaksanaan Konferensi Asia Afrika mempunyai arti penting, baik bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika pada khususnya maupun dunia pada umumnya.

3. Colombo plan.
Efect dari Perang Dunia 2 juga adalah terbentuknya Colombo plan yang di sponsori Inggris. Colombo plan adalah organisasi regional yang mencakup konsep upaya kolektif antar pemerintah untuk memperkuat pembangunan ekonomi dan sosial negara-negara anggotanya di wilayah Asia-Pasifik . Fokus utama dari semua kegiatan Colombo Plan adalah pada pengembangan sumber daya manusia.


4. Beberapa negara terpecah.
Akibat Perang Dunia2,ada beberapa negara yang berusaha untuk merdeka,tetapi banyak juga negara yang menjadi pecah atau terpecah di antaranya Korea, Vietnam dan Jerman.(untuk Jerman,negara ini telah bersatu kembali setelah robohnya Tembok Berlin).

5. Point Four Truman.
Peta perekonomian pasca perang Dunia 2 memang luluh lantak,dan efek itu sangat terasa sampai asia tenggara. Sehingga negara-negara kuat pada saat itu banyak membuat program untuk pemulihan terutama di kawasan asia Point Four Truman diarahkan untuk bantuan bagi negara-negara yang masih terbelakang, terutama di Asia.

6. Transformasi Politik
     Transformasi politik di kawasan Asia dan Afrika pasca-Perang Dunia II memiliki kecenderungan berupa faham sosialisme yang cukup mendominasi. India, Birma, bahkan Indonesia sekalipun memiliki unsur sosialisme yang sangat kental di dalam pergerakan nasionalismenya . Di India, pemerintahan Pandit Jawaharlal Nehru yang berlangsung pada masa awal kemerdekaan India sangat bernuansa sosialis demekian pula Birma, unsur komunisme berperan cukup besar. Mayoritas kursi pemerintahan Birma oleh orang-orang berpemikiran sosialisme-komunisme. Di Indonesia, faham komunisme berkembang dengan dibentuknya Partai Komunis Indonesia pada masa pergerakan nasional, tetapi surut pada masa pendudukan Jepang. Gerakan komunis muncul lagi pasa Perang Dunia II ketika terjadi pemberontakan komunis pada 1948 di Madiun.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 comments: