Kodingareng Keke, Pulau Imut di Gugusan Kepulauan Spermonde


Salam damai jiwa dan raga!


Kali ini saya kembali mencoba mengeksplor Kota Makassar setelah seminggu hidup penuh dumba-dumba. Tepatnya di Pulau Kodingareng Keke, 15 Km dari kota Makassar. Oiya ini masih masuk Kota Makassar lho. Deket kok cuma 30-45 menit dari pelabuhan. 

Pulau Samalona
Yak Pulau Kodingareng Keke ini masuk dalam gugusan kepulauan Spermonde. Kalian tau apa itu Spermonde? Spermonde adalah penamaan gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di perairan Barat Sulawesi Selatan, tepatnya dari Kab. Takalar sampai Kota Pare-Pare. Spermonde berasal dari kata sperma, ya pulaunya memang kecil-kecil kayak sperma. Jumlah pulau di Kepulauan Spermonde ini sekita 130 pulau. Pulau-pulau ini ada yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Pulau Kodingareng Keke termasuk pulau yang tidak berpenghuni. Pulau ini seluas 1 Ha saja.

Kami berangkat menuju pulau Kodingareng Keke dari depan Ford Rotterdam. Di situ banyak sekali jasa penyewaan kapal. Selain di tempat ini, kalian juga bisa menyewa kapal di pelabuan Paotere. Sebenarnya banyak sekali yang menawari jasa penyewaan kapal di sepanjang jalan Nusantara. Soal harga silakan pandai-pandai menawar. Tapi pada umumnya kalau ke Pulau Kodingareng dibandrol harga 600-800k. Kapal yang kami tumpangi bisa memuat 8-10 orang. Jadi ya, akan lebih hemat kalau beramai-ramai.

Kapal mulai melaju sekitar pukul 07.15 wita. Kami melewati Pulau Lae-Lae dan Pulau Samalona. Cuaca cerah sekali, langitnya biru dan ombak sangat tenang. Sekitar 08.00 wita kami sudah sampai. Yang lucu adalah setelah kami turun dari kapal, kami langsung disambut segerombolan penghuni pulau: kucing! Haha dengar-dengar banyak kucing yang dibuang ke pulau ini. Jujur kasihan sih, pulau cuma 1 Ha dan tak berpenghuni ini gimana ada makanan buat mereka? Atau jangan-jangan mereka akan menjadi kucing kanibal. Memakan temannya sendiri. Aduh.

Selamat datang di Pulau Kodingareng Keke! Pasir putih sedikit agak pink yang airnya sangat jernih. Sepi tak begitu ramai pengunjung, hanya kami pengunjungnya waktu itu. Mungkin karena bukan musim liburan kali ya. Damai untuk menghirup udara segar dalam-dalam. Cuaca cerah menyilaukan mata. Lari-lari di jembatan kayu atau foto-foto dari bangunan tiga lantai, wah berasa pakai drone!


Kami tidak sempat menikmati dunia bawah lautnya. Tapi yang pasti sangat bagus sekali. Tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.


Kalau saya lihat-lihat, wisata kelupauan di Sulawesi Selatan ini sangat berpotensi. Walau memang beberapa pulau adalah milik pribadi (warga lokal). Tapi jika kerja sama dengan pemerintah Kota/provinsi, saya rasa akan berpengaruh terhadap PAD. Layaknya di kepulauan Seribu, pulau-pulaunya memang dijadikan tujuan wisata yang dikelola dengan cukup baik.

 Tapi saya juga cukup ragu, apakah memang baru-baru ini geliat wisata kepulauan ini mundurnya. Kalau dilihat dari jejak dunia maya, lumayan cukup banyak wisatawan yang berkunjung. Tidak hanya pulau Kodingareng Keke, tapi juga pulau-pulau lainnya yang tak kalah bagus : Samalona, Langkai, Lanjukang, Khayangan, dll.
Penampakan sebelah Barat

Penampakan sebelah selatan

Di foto dari lantai tiga, penampakan sebelah utara

Kucing-kucing berkeliaran

Ada seperti Dermaga Kayu


Penampakan saat surut

tiduran dibawah pohon


Bapak-bapak yang kadang berkunjung ke pulau ini. Dia punya bale-bale disini. Bapaknya tinggal di pulau seberang.


Jadi bagimana? Apakah kalian tertarik? Harusnya tertarik, hahaha wisata hemat dan dekat dari Kota Makassar.

*FYI tidak ada toilet maupun warung, jadi persiapkan sendiri bekal kalian ya!
** tidak ada Retribusi, antara mereka libur atau tida ada. Hm...lupa tanya orang sana.
Salam.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 comments:

  1. Liat postingan ini jadi pengen mantai, udah lama enggak mantai, huuhuh

    ReplyDelete