Dolan: Open Trip Krakatau

Siapa yang tak kenal Anak Gunung Krakatau? Gunung yang dulu pernah menggegerkan dunia. Pada tahun 1883 terjadi letusan hebat di Indonesia, yang bermula pada tanggal 26 Agustus 1883 (dengan gejala pada awal Mei) dan berpuncak dengan letusan hebat yang meruntuhkan kaldera. Pada tanggal 27 Agustus 1883, dua pertiga bagian Krakatau runtuh dalam sebuah letusan berantai, melenyapkan sebagian besar pulau di sekelilingnya. Aktivitas seismik tetap berlangsung hingga Februari 1884. Letusan ini adalah salah satu letusan gunung api paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah, menimbulkan setidaknya 36.417 korban jiwa akibat letusan dan tsunami yang dihasilkannya. Dampak letusan ini juga bisa dirasakan di seluruh penjuru dunia. (Wikipedia)

Dengan cerita hebatnya tersebut banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara tertarik untuk mengunjungi Anak Gunung Krakatau ini. Termasuk saya dan lima teman saya. Menggunakan jasa Open Trip @mypermatawisata yang lumayan murah daripada jasa open trip yang lain. Berangkat dari Jakarta Pusat, kami menuju pemberhentian bus di daerah Jakarta Barat. Kami menumpangi Bus jurusan Merak. Sekitar dini hari kami sampai Pelabuhan Merak dan menunggu pemberangkatan menuju pelabuhan Bakaheuni. Dari pelabuhan Bakaheuni kami menuju Pelabuhan Canti.

Ini kapal yang kami tumpangi. Mungkin bisa disebut kapal penumpang ukuran kecil. Kapal ini muat 30-an orang. Dan di atap kapal bisa digunakan untuk duduk-duduk. Serasa naik kora-kora beneran sih. Sensasi laut yang arusnya kurang santai, tapi masih aman kok.

Dari pelabuhan Canti kami menuju Pulau Sibuku untuk melakukan snorkling. Sekitar jam 10 siang cuy. Saya mencoba turun, tapi berhubung gak bisa berenang maka kena karang terus. Padahal bagus banget pemandangan karangnya.

Dari snorkling di pulau Sibuku kami menuju pulau Sibesi, yaitu pulau kami menginap. Ternyata bagus juga penginapannya, walau sederhana tapi bagus.

Pulau Sibesi

Menuju penginapan

Setelah istirahat, bersih-bersih, dan makan siang, pada kesorean harinya kami menuju pulau Umang-Umang. Ini pulau bagus bangett...pasirnya putih. Terus bisa liat sunset.

Add caption

Ke esokan harinya kami menuju tujuan utama kami, yaitu Anak Gunung Krakatau. Setelah malam sebelumnya hujan lebat, sempat hopeless gagal ke gunung krakatau, ditambah di perjalanan menuju anak gunung krakatau hujan lebat. Tapi aalhamdulillahternyata matahari muncul juga pagi itu.

Pemandangannya kerennnn bangettt,,,MasyaAllah

Setelah asik di Anak Gunung Krakatau kami menuju pulau Lagoon Cabe, untuk snorkling lagi. Tapi saya memilih skip karena kaki masih lecet karena snorkling di Sibuku. haha

Overall keren banget, worth it menurut saya. Kalau ada kesempatan lagi mungkin saya akan berkunjung lagi ke Anak Gunung Krakatau.

Itinerary dari Mypermatawisata:

DAY 1 23.00 - 01.00 : Berkumpul di depan indomaret/loket gate in pelabuhan merak untuk absen & briefing open trip krakatau DAY 2 01.00 - 03.00 : Perjalanan Merak - Bakahueni 03.00 - 04.30 : Perjalanan Bakhueni - Dermaga Canti (dermaga untuk menuju krakatau) 04.30 - 07.00 : Sarapan pagi, Persiapan naik perahu tradisional 07.00 - 10.00 : Menuju Pulau Sebuku Kecil (Snorkeling) 10.00 - 11.00 : Menuju Pulau sibesi 11.00 - 15.00 : Istirahat, check in penginapan, makan siang (Makan Pertama) 15.00 - 17.00 : Menuju Pulau Umang-umang (Hopping island, santai di pantai) 17.00 - 18.00 : Hunting Sunset 18.00 - 19.30 : Kembali Ke penginapan, mandi dan istirahat 19.30 - 21.00 : Makan malam (makan kedua sudah termasuk BBQ) 21.00 - 23.00 : Acara bebas, Dugem (Duduk gembira) 23.00 - ..... : Istirahat DAY 3 03.30 - 05.00 : Bangun prepare untuk summit Anak gunung Krakatau 05.00 - 07.00 : Menuju Anak gunung Krakatau 07.00 - 07.30 : Tiba di pantai Anak gunung Krakatau, istirahat, sambil panitia mengurus perizinan pendakian krakatau 07.30 - 08.30 : Mulai trekking menuju pos terakhir Anak gunung Krakatau 08.30 - 09.00 : Tiba di pos terakhir krakatau, foto-foto, selfie, narsis. 09.00 - 09.30 : Turun dan pembagian sarapan (Makan Ketiga) Kembali ke pantai Anak gunung Krakatau 09.30 - 10.30 : Istirahat, sarapan, dan foto-foto lagi 10.30 - 11.00 : Menuju Pulau Lagoon Cabe 11.00 - 12.30 : Aktifitas di Pulau Lagoon Cabe (Snorkeling lagi gan/sist) 12.30 - 14.00 : Kembali ke penginapan & Makan Siang (Makan Keempat) 14.00 - 15.00 : Istirahat dan persiapan pulang 15.00 - 16.30 : Menuju Dermaga Canti 16.30 - 18.00 : Perjalanan Dermaga canti - Bakahueni 18.00 - 20.00 : Perjalanan Bakahueni - Merak 20.00 -..... : Perkiraan sampai merak dan open trip krakatau Selesai~

Thanks to patner main, my beloved Jojoba: Tante Lia es bon-bon, Pinpon, Nindy, Bapake hariz, Fafa :3