Surga di Ujung Selatan Sulawesi, Pantai Bira-Bara Bulukumba


Empat bulan mengadu nasib di Kota Makassar, di pulau Sulawesi, surganya kapal phinisi. Untuk kedua kalinya saya merasa takjub menginjak pulau ini. Setelah kemagisan Toraja dan kini pantai Bira, pantai di ujung selatan Pulau Sulawesi. Pantai yang menakjubkan dengan pasir putih lembut dan pantai yang berwarna tosca silau nan damai, merekahkan senyum di awal perjumpaannya.



Sekitar 4-5 jam dari Kota Makassar, kita sudah bisa sampai di pantai Bira, kab. Bulukumba. Dari kota Makassar kita bisa menyewa mobil atau menggunakan angkutan travel. Waktu itu saya memakai travel BMN Makassar-Bulukumba yang dibandrol dengan harga 100k. Dari Pool BMA Bulukumba kami diantar ke terminal untuk naik dengan pete-pete (angkot) ke tujuan utama, pantai Bira. Kami membayar pete-pete sebesar 30k, sepertinya sudah naik 5k dari tahun lalu. Btw sama supir pete-pete nya kami diantar mencari penginapan.


Pantai Bira berbeda dengan pantai di pulau Jawa khusunya di Jogja. Pertama, di Gunung Kidul pantainya berpasir putih, tetapi pasirnya tidak sehalus pasir di pantai Bira atau Pantai Bara ini. Kedua, pantai di sini landai, berbeda dengan pantai di gunung kidul yang langsung dalam. Ketiga, ombak di pantai bara ini relatif tenang, tidak sebesar dan seganas ombak di pantai laut selatan. 


Penginapan di Pantai Bara sangat banyak, dari yang kayak bungalo, kost-kostan, atau hotel mewah semua ada. Tinggal pilih saja sesuai kantong. Kalau aku sih, ya yang murah saja. haha. Untuk makanan banyak tersedia di pinggir pantai. Namun, jika kalian mencari seperti ikan bakar dkk, di Bira sulit untuk ditemukan. Untuk kendaraan, sepertinya harus kendaraan pribadi. Biar bisa menjangkau tempat wisata di sekitar situ.


Di pantai Bira cukup kita ketaui, tidak terlalu banyak bule. Tapi di pantai Bara, lumayan banyak bule. Oh iya, Pantai Bira dan Bara itu deketan, hanya berjarak kurang lebih 1 km. Pantai Bira lebih ramai daripada pantai Bara. Di Bira banyak sekali penginapan, wahana air, dan penjual makanan maupun pernak-pernih. Kalau di Bara masih sepi. Ya ada beberapa warung makanan. Oh ya, di Pantai Bara disediakan tempat untuk nge-camp. Pokoknya pantai Bara masih lebih suci daripada pantai Bira


Di sepanjang pantia Bira dan bara akan banyak dijumpai karang yang bawahnya sudah terkikis. Apa namanya ya. Pokoknya bisa dijadikan tempat "ngadem" dan bersantai. Tapi hrus hati-hati untuk risiko karang jatuh.


Dari pantai Bira kita bisa mencapai pantai Bara tanpa harus memiliki kendaraa. Kita bisa menyusuri pinggi pantai dan tebing. Ya mungkin jalan kaki sekitar 30-45 menit. Tapi hal ini tidak bisa dilakukan sepanjang waktu. Jalan menyusuri pantai hingga Pantai Bara hanya bisa dilakukan di saat air laut sedang  surut. Jika sudah pasang, jalanan sepanjang pinggir pantai tersebut akan tertutup air laut. Silakan coba karena di sepanjang Bira dan Bara pantainy sepi sekali dan masih "suci", bahkan ada monyet yang bergelantungan di atas tebing.

fyi ada dua bule cowo-cowo maen ke tempat sepi. 
ya kurang lebih sesepi ini

ada karang yang kayak di Wayag

maen air sepuasnya

pantai Bara dari kejauhan.

Pantai Bara
Sunrise dan sunset di Pantai Bira juga keren banget! lhoh, next aku upload fotonya.

Jadi, tertarik gak main ke Bira-Bara Bulukumba? Kalau aku sih yes. Oh ya, Bulukumba ini cocok sekali untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota Makassar yang serba muacet dan ruame. menyepi ke Bira mungkin opsi yang tepat untuk menenagkan pikiran.

FYI. ada lagi tempat "ngademin pikiran" yang cucok abis yaitu di pulau selayar! next insyaAllah.

Oh iya, jangan lupa saat diperjalanan Makassar-Bulukumba untuk mampir di Warung Anugrah 88 Jeneponto, ada coto kuda yang enaaakk xD

Budget
1. Penginapan                                   800k/2 malam/3 orang
2. Travel BMA PP                              200k
3. Angkot terminal bulukumba-Bira   60k

exclude makan, jajan, dan oleh-oleh.

Thanks to Mba Pitri dan Syifa :3

Salam :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment