Jurusan berprospek :)


yang galau jurusan, yang bingung mau jadi apa, yang gak tahu mau jadi apa, yang pengen banget punya duit, yang pengen banget gak jadi pengangguran, mungkin bisa coba masuk jurusan berikut ini.


ini ni yang katanya jurusan berprospek beberapa tahun mendatang :

1. Pertambangan & Perminyakan
Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan. Pembukaan lapangan baru di Cepu dan Ujung pangkah serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi).jurusan2 itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan banyak. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Permintaan sangat besar. Gaji? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai pensiun anda. Pembukaan lapangan batubara juga membuat peluang lulusan pertambangan cukup besar. Hanya saja lulusan tambang cukup besar, sekitr 2000 setiap tahun. Beberapa Perguruan Tinggi yang terkenal dengan jurusan Pertambangan & Perminyakannya yaitu ITB dengan FTTM nya, Unsri, Trisakti, dan UPN Veteran Yogya.


2. Teknik Sipil/Konsentrasi Jalan Tol
Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Untuk Teknik Sipil, Perguruan Tinggi yang terkenal adalah ITB dengan FTSL nya dan untuk Konsentrasi Jalan Tol, setahu saya yang terbaik di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).


3. Ilmu Komputer/Teknik Informatika/Teknologi Informasi.
Jelas, kita butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer. Perguruan Tinggi yang terkenal akan jurusan IT nya yaitu Bina Nusantara (BINUS), UI, dan ITB dengan STEI nya.


4. Pendidikan Dokter.
Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga kedokteran gigi, keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja membutuhkan 2000 perawat dari Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi dan ini adalah peluang yang bagus. Apalagi jika dokter tersebut mengambil lagi Spesialis nya, dan tahu sendiri berapa gaji Dokter Spesialis. Yang terkenal yaitu UI, UNPAD, UNAIR.

5. Desain Komunikasi Visual (DKV), Arsitektur
Jurusan-jurusan desain (DKV, Interior, dll) Dijamin prospeknya bagus, yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan. Beberapa Perguruan Tinggi yang terkenal dengan DKV nya yaitu di UK Petra Surabaya, ISI Jogja dan ITB dengan FSRD nya.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment