Dolan: Nglanggeran, Gunung Kidul, D.I Yogyakarta


So, welcome to Jogja, welcome to Gunung Kidul. Kabupaten yang baru nge-hitz dengan tempat wisatanya. Kabupaten diujung tenggara Yogyakarta ini memiliki alternatif pariwisata yang keren-keren. Ada pantai, kuliner, goa, dll. Menurutku pariwisata yang paling menonjol adalah wisata pantainya. Ya, Gunung Kidul meiliki beberapa puluh pantai yang cantik-cantik dan kebanyakan masih alami. Mari kita bahas pantai dikemudian hari karena kali ini aku akan membahas Wisata Gn. Api Purba Langgeran. Adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari karst atau kapur. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul yang berada pada deretan Pegunungan Seribu. Dari kota Jogja bisa ditempuh dengan naik motor/mobil. Bisa bus, tetapi haru cari kendaraan lagi karena bus hanyabisa mengantarkan sampai jl. Jogja-Wonosari. Jalan menuju ke sana sudah bagus, dan pengendara harap hati-hati karena banyak belokan. Tiket masuk sekitaran Rp 7.000.


Puncak tertingginya sekitar 700 mdpl. Ada beberapa puncak dengan dua puncak tertinggi. Jalan yang dilalui tergolong tidak terlalu ekstrem(menurut saya). Melalui celah-celah batu. Sudah ada anak tangga dibeberapa lokasi miring. Saat/sesudah hujan pengujung harus hati-hati karena licin. 


Gambar diambil dari pos 1. Pemandangan terasering dan pemancar.









 Pemandangan dari puncak 2. Dari sini kita bisa melihat bukit 9. Hitung saja bukit yang di atas. Dan juga dari sini bisa melihat embung Nglanggeran.
   



Namun agak disayangkan. Wisata ini mulai kotor. Walau sudah disediakan kotak sampah, tetap saja ada bungkus-bungkus makanan dan botol-botol minuman. Harusnya kita semua sadar bahwa tempat wisata  ini tidak hanya untuk generasi sekarang, tetapi juga harus kija jaga untuk generasi yang akan datang. Jika sampah-sampah itu menumpuk, kecantikannya pasti akan pudar. Jika tulisan "Buanglah sampah pada tempatnya" tidak manjur, akankah kita gunakan cara leluhur kita yang melarangnya karena mitos? (angker dll). 

"Jangan bunuh sesuatu kecuali waktu, jangan ambil sesuatu kecuali gambar, dan jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak"


Sekian.
Salam.
P.S Dolan: Main



Comments

Popular posts from this blog

soal dan jawaban : Struktur & fungsi sel

Share : Dampak Perang Dunia II

Pingin...